101 Movies to See Before You Grow Up (101 Series)

101 Movies to See Before You Grow Up (101 Series)

B. inggris 1. Tolong, jelaskan penyusunan indikator silabus?

1. Tolong, jelaskan penyusunan indikator silabus?

Jawaban:

silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/kelompok mata pembelajaran/tema tertentu yg mencangkup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian,alokasi waktu, dan sumber belajar

Berikut langkah-langkah untuk membuat silabus untuk menciptakan belajar efektif.

1. Perhatikan komponen silabus

Pada format silabus, terdapat 8 komponen yang harus diisi. Kedelapan komponen tersebut adalah standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator (penanda pencapaian kompetensi dasar), penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

2. Petakan standar kompetensi dan kompetensi dasar

Ini merupakan langkah pertama dalam membuat silabus. Standar kompetensi adalah seperangkat kompetensi yang harus dicapai siswa sebagai hasil belajarnya. Sedangkan kompetensi dasar adalah rincian dari standar kompetensi , berisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara minimal harus dicapai siswa.

3. Pilih dan tentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar

Dalam menentukan materi pembelajaran, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan. Hal-hal tersebut adalah:

Potensi peserta didik

Relevansi dengan karakteristik daerah

Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik

Kebermanfaatan bagi siswa

Struktur keilmuan

Aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran

Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan

Alokasi waktu

4. Merancang kegiatan pembelajaran

Buatlah kegiatan pembelajaran semenarik mungkin sehingga dapat memotivasi siswa untuk terus belajar. Bapak/Ibu guru dapat mencari referensi untuk metode kegiatan pembelajaran unik dan menarik lewat artikel ini.

5. Tentukan indikator pencapaian agar lebih mudah merancang penilaian

Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur. Indikator tersebut dapat mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Setiap kompetensi dasar dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi 3 indikator.

6. Tentukanlah jenis penilaian

Penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaian kompetensi dasar dan indikator oleh peserta didik. Alat penilaian dapat menggunakan tes tertulis, tes lisan, proyek, dan sebagainya. Sebaiknya, alat penilaian yang digunakan betul-betul menguji pehamaman peserta didik, bukan sekadar hafalan.

7. Alokasikan waktu kegiatan pembelajaran

Alokasi waktu yang dicantumkan pada silabus adalah perkiraan waktu rata-rata bagi peserta didik untuk menguasai kompetensi dasar. Saat menentukan, yang perlu diperhatikan adalah tingkat kesulitan, keluasan, dan tingkat kepentingan materi. Jangan lupa juga mengalokasikan waktu untuk tes/ulangan, remedial, dan cadangan.

8. Tentukanlah sumber belajar yang akan digunakan

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi,kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. Sumber belajar tidak harus berupa buku, tetapi bisa juga website , video, dan sebagainya. Gunakanlah sumber belajar yang bervariatif agar peserta didik tidak merasa bosan.

Penjelasan:

semoga membantu ( ◜‿◝ )

[answer.2.content]